Berdasarkan surat dari Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan Nomor W2-A/1106/PS.00/VI/2020 tanggal 8 Juni 2020 perihal Pembinaan dan Pengawasan maka Pengadilan Agama Pematangsiantar mendapat giliran untuk dilakukan pembinaan dan pengawasan secara virtual oleh PTA Medan pada hari Jum’at, tanggal 26 Juni 2020 pukul 14.00 WIB bersama dengan beberapa pengadilan agama lain di wilayah Sumatera Utara.

 

Kegiatan pembinaan dan pengawasan ini dilaksanakan langsung oleh Hakim Tinggi Pengawas Bidang PTA Medan. Dalam kegiatan ini dibahas tentang hasil kinerja pengadilan agama terutama dalam bidang SIPP dan penyelesaian perkara. Pengadilan Agama Pematangsiantar ditanya langsung mengenai hasil pencapaian/rapor SIPP, apa saja hal-hal yang menjadi kendala selama melaksakan tugas, dan bagaimana cara untuk dapat meningkatkan hasil penilaian mendatang.

Pengadilan Agama Pematangsiantar senantiasa berpacu untuk meningkatkan kinerja agar hasil penilaian kinerja baik SIPP maupun Hasil Penilaian Kinerja Triwulan Badilag lebih baik di masa mendatang.

Tim IT PA-Pst.

Dalam rangka meningkatkan kualitas dan kapasitas hakim serta aparat peradilan agama dalam permasalahan teknis yustisial, Ditjen Badilag mengadakan pembinaan dan kajian rutin setiap minggu.

Minggu ini, tepatnya hari Jum’at, 26 Juni 2020, Ketua Pengadilan Agama Pematangsiantar, Dian Ingrasanti Lubis, S. Ag., S.H., M.H., Wakil Ketua, Muhammad Irfan, S.H.I., dan aparatur Pengadilan Agama Pematangsiantar berkumpul di ruang teleconference kantor Pengadilan Agama Pematangsiantar untuk menyaksikan kegiatan pembinaan oleh Hakim Agung yang dilaksanakan secara on line melalui virtual meeting.

Kegiatan pembinaan ini dimulai pada pukul 09.00 WIB. Hakim Agung yang menjadi narasumber Y.M. Dr. Yasardin, S.H., M.Hum. dengan Tema “Permasalahan Hukum Ekonomi Syariah”.

TIM IT-PA.PST

Sebagai bentuk pemberian pelayanan prima kepada masyarakat, Kamis, 25 Juni 2020 pukul 10.00 WIB Pengadilan Agama Pematangsiantar kembali mengudara di Radio CAS (Citra Anak Siantar) milik Pemerintah Kota Pematangsiantar. Untuk talkshow kali ini diisi oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Pematangsiantar Muhammad Irfan, S.H.I sebagai Narasumber dengan judul Jenis Perkara Gugatan dan Permohonan yang Menjadi Wewenang Peradilan Agama serta Sumber Hukum yang Digunakan oleh Peradilan Agama.

Judul ini diambil sebagai pembahasan pada talkshow kali ini dengan tujuan agar masyarakat mengetahui jenis perkara gugatan dan permohonan apa saja yang bisa diajukan di pengadilan agama, serta masyarakat juga mengetahui sumber hukum dan akibat-akibat hukum dari putusan pengadilan agama.

Seperti sebelumnya, dalam Talkshow kali ini juga diadakan sesi tanya jawab dari pendengar setia radio CAS Kota Pematangsiantar, mereka berloma-lomba mengajukan pertanyaan baik via telepon maupun SMS.

Tim IT PA Pematangsiantar.

Kamis, 25 Juni 2020 Dirjen Badilag melayangkan surat melalui website resminya dengan nomor 2261/DJA/KP.04.6/6/2020 perihal Pengumuman Hasil Profile Assesment dan Fit and Proper Test Tahap II Calon Pimpinan Pengadilan Agama Tahun 2020. Dalam lampiran surat tersebut dinyatakan bahwa dua orang dari Pengadilan Agama Pematangsiantar yaitu Ketua Pengadilan Agama Pematangsiantar, Dian Ingrasanti Lubis, S.Ag., S.H., M.H., lulus sebagai calon Ketua Pengadilan Agama Kelas IB dan hakim Asri Handayani, S.H.I., M.E. lulus sebagai calon Wakil Ketua Pengadilan Agama Kelas II.

Hal ini merupakan suatu kebahagiaan dan kebanggaan sendiri bagi Pengadilan Agama Pematangsiantar. Terlebih lagi keduanya merupakan pimpinan dan hakim yang profesional, berdedikasi, dan berintegritas tinggi.

Selamat kepada Ketua dan hakim Pengadilan Agama Pematangsiantar yang sudah lulus. Semoga berkah dan amanah serta tambah sukses di masa yang akan datang.

Tim IT PA-Pst.

Rabu, 24 Juni 2020, pukul 10.00 WIB bertempat di ruang Kepaniteraan Pengadilan Agama Pematangsiantar, Panitera, Wahyu Kurniati Lubis, S.Ag. bersama Panitera Muda Hukum, Panitera Muda Gugatan, Panitera Muda Permohonan, dan Jurusita Pengganti melaksanakan DDTK (Diklat Di Tempat Kerja) SIPP mengenai cara penginputan relaas panggilan serta proses mediasi.

Selain itu dibahas juga mengenai strategi peningkatan kinerja pada SIPP agar rapor SIPP dapat terus meningkat setiap minggunya.

Panitera Pengadilan Agama Pematangsiantar mengharapkan agar kinerja seluruh aparatur Pengadilan Agama Pematangsiantar terutama dalam jajaran kepaniteraan lebih ditingkatkan. Saling bekerja sama satu sama lain demi kelancaran penyelesaian tugas.

Tim IT PA Pematangsiantar.

  • Background-copy.jpg
  • Ucapan-Selamat.jpg