zoom nilai kerja 1

Ketua, Wakil Ketua, dan Panitera Pengadilan Agama Pematangsiantar mengikuti Sosialisasi Sistem Penilaian Prestasi Kerja Individu Bagi Panitera Pengadilan Agama/Mahkamah Syar'iyah Kelas IA, Kelas IB, dan Kelas II secara daring yang dilaksanakan pada Jum’at 03 Desember 2021 pada pukul 08:30 WIB.

Kegiatan ini terlaksana berdasarkan surat Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama nomor 4057/DjA/Kp.02.1/11/2021 tanggal 30 November 2021. Adapun tujuan dari Sistem Penilaian Prestasi Kerja Individu ialah sebagai bahan pertimbangan Tim Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama untuk melakukan proses promosi dan mutasi.

zoom nilai kerja 3

Di dalam sistem ini memiliki beberapa poin yang dijadikan sebagai dasar penilaian yaitu:

  1. Penilaian Teknis Yudisial;
  2. Penilaian Administrasi Peradilan;
  3. Penilaian Manajemen Peradilan;
  4. Penilaian Integritas;
  5. Penilaian Pendidikan;
  6. Penilaian Prestasi.

zoom nilai kerja 5

Sedangkan sumber data untuk memenuhi poin-poin penilaian tersebut diambil dari Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) dan penginputan data oleh atasan langsung.

            Setelah narasumber menjelaskan seluruh materi, para peserta dipersilahkan untuk mengajukan pertanyaan. Kegiatan ini pun berakhir pada pukul 10.15 WIB.

 

Tim IT PA Pematangsiantar

bimtek gaji 1

Kamis, 02 Desember 2021, Idrus, S.H.I. PPSPM Pengadilan Agama Pematangsiantar dan Muhammad Azrai Azmi Operator SPM mengikuti Bimbingan Teknis Pendampingan Pembuatan Gaji Induk Januari Tahun Anggaran 2022 secara daring via aplikasi zoom pada pukul 14:00 WIB.

Kegiatan ini terlaksana berdasarkan surat Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara tipe A1 Pematangsiantar Nomor UND-9/WPB.02/KP.04/2021 tanggal 01 Desember 2021 perihal Undangan Bimbingan Teknis Pendampingan Pembuatan Gaji Induk Januari Tahun Anggaran 2022. Bimbingan Teknis ini dilaksanakan secara hybrid dengan keikutsertaan secara online melalui aplikasi zoom serta offline/ tatap muka di Aula KPPN Pematangsiantar.

Zoom 0212 1

Bimbingan Teknis ini dimulai dengan sambutan dari Kepala Kantor KPPN Pematangsiantar Iwan Hanafi dan dilanjutkan dengan pendampingan pembuatan Gaji Induk Januari 2022 oleh Pembina Terampil Perbendaharaan Negara Chiltry R. Hutahaean. Kegiatan berjalan dengan lancar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan ditutup pada pukul 16.45 WIB.

 

Tim IT PA Pematangsiantar

rakor des 02

Setelah pelaksanaan bina mental (02/12/2021), aparatur Pengadilan Agama Pematangsiantar melanjutkan kegiatan rapat koordinasi pada pukul 09:10 WIB yang dipimpin oleh  Ketua Pengadilan Agama Pematangsiantar Asri Handayani, S.H.I., M.E. dan didampingi Wakil Ketua Pengadilan Agama Pematangsiantar Sri Suryada Br. Sitorus, S.H.I., dan juga Panitera Wahyu Kurniati Lubis, S.Ag.

Adapun agenda rapat koordinasi hari ini ialah menindaklanjuti hasil temuan assessor eksternal, realisasi hasil rakor 4 November 2021 serta hal-hal yang harus dipersiapkan sebelum 2021 berakhir.

peserta rakor 0212

Untuk tindaklanjut hasil temuan assessor eksternal, pemimpin rapat meminta Ketua APM Sri Suryada Br. Sitorus, S.H.I. untuk memenuhi kontrak kinerja APM 2021 permintaan perbaikan hasil observasi implementasi sebelum tanggal 9 Desember 2021. Selanjutnya untuk realisasi hasil rakor 4 November 2021 sebanyak 9 point telah terlaksanana dengan baik. Sedangkan untuk hal-hal yang harus dipersiapkan sebelum 2021 berakhir, seperti Laporan Tahunan, IKU, Renstra dan lainnya beliau meminta bagian Kesekretariatan maupun Kepaniteraan dapat melakukan kerjasama dan koordinasi dalam menyelesaikannya.

 Ketua Pengadilan Agama Pematangsiantar juga membahas evaluasi kinerja seperti laporan bulanan, validasi perkara, pencatatan PNBP di SIMARI, monitoring SIPP serta mengenai pembagian petugas kebersihan. Rapat koordinasi pun berakhir pada pukul 10.30 WIB.

 

Tim IT PA Pematangsiantar

bintal idrus 0212

Kamis (02/12/2021), Kasubbag Kepegawaian Ortala Pengadilan Agama Pematangsiantar Idrus, S.H.I. mendapatkan giliran untuk membawakan Bina Mental yang merupakan kegiatan rutian yang dilaksanakan setiap kamis pertama dan kamis minggu terakhir tiap bulannya.  Kegiatan yang bertempat di Ruang Sidang Pengadilan Agama Pematangsiantar ini dimulai pada pukul 08:30 WIB.

Pada bina mental hari ini, Idrus, S.H.I. membawakan materi dengan tema “Motivasi Kerja Team Work”. Beliau menjelaskan bahwa ada 5 jenis individu pada suatu organisasi yaitu:

  • Pekerja yang mampu mengambil tanggungjawab penuh atas pekerjaan.
  • Pekerja yang memiliki kemauan besar untuk bekerja, belajar dan meningkatkan kemampuan.
  • Pekerja yang bersedia membantu tetapi kontribusinya tidak membuat banyak perbedaan.
  • Pekerja Jenis PTS (Potensi Sumber Masalah) yang bergantian membantu dan menghancurkan organisasi.
  • Pekerja yang PS (Pribadi Supresif) yang berusaha menghancurkan operasi tetapi pandai menyembunyikan perbuatannya .

 peserta bintal idrus 0212

Dari mengetahui 5 jenis individu tersebut, maka kita bisa mempelajari cara tepat membedakan antara orang yang produktif dan destruktif. Oleh karena itu, kita bisa menghindari pertengkaran dan mampu membangun teamwork yang baik. Dengan memiliki teamwork yang bagus, maka para pekerja dapat meningkatkan kompetensi dan bisa memajukan organiasinya.

 

Tim IT PA Pematangsiantar

Acara Lain 1

Mengawali bulan Desember, Pengadilan Agama Pematangsiantar kembali meraih keberhasilan dalam melakukan mediasi. Perkara yang dimediasikan ini terdaftar di Pengadilan Agama Pematangsiantar dengan Register Nomor : 227/Pdt.G/2021/PA.Pst mengenai gugat waris dengan objek berupa tanah yang berlokasi di kelurahan Dwikora kota Pematangsiantar dan juga perhiasan.  

Ditangani oleh Majelis A dengan diketuai Asri Handayani, S.H.I., M.E. dengan hakim anggota yaitu Ade Syafitri, S.Sy. dan Muhammad Rizfan Wahyudi, S.H. serta Panitera Pengganti Wahyu Kurniati Lubis, S. Ag. 

Sri Suryada Sitorus, S.H.I., selaku mediator hakim saat melakukan mediasi diantara pihak penggugat dan tergugat berhasil mencapai kesepakatan damai.

Semoga perkara lainnya di waktu yang akan datang dapat diselesaikan dengan baik melalui proses mediasi.

Tim IT PA Pematangsiantar

  • Ucapan_Ketua_Juli_21.jpg
  • Ucapan_Waka_PTA.jpg
  • Ucapan_Waka_Kisaran.jpg
  • Waka.jpg
  • AL_Zimy_skom.png
  • ucapan_dadan.png