Pengadilan Agama Pematangsiantar melaksanakan kegiatan nonton bersama siaran langsung/live streaming melalui media online youtube yang disiarkan langsung dari Badilag Command Centre, Gedung Badilag pada hari Jum’at, tanggal 24 Januari 2020, pukul 09.00 WIB guna memenuhi surat dari Dirjen Badilag Nomor : 150/Dja.1/OT.00/I/2020 tanggal 20 Januari 2020 tentang Sosialisasi Aplikasi Basis Data Kemiskinan di Lingkungan Peradilan Agama.

Hadir dalam acara ini Direktur Pembinaan Administrasi Peradilan, Direktur Pembinaan Tenaga Teknis Peradilan, pejabat Eselon III Badilag, beberapa Ketua PTA dan Ketua Pengadilan Agama, Perwakilan dari Australia Indonesia Partnership for Justice 2 (AIPJ2), dan para tamu undangan dari lembaga, komisi, dan asosiasi.

Seluruh jajaran aparatur Pengadilan Agama Pematangsiantar ikut serta dalam kegiatan ini, tak terkecuali Ketua Pengadilan Agama Pematangsiantar, Dian Ingrasanti Lubis, S.Ag., S.H., M.H. bertempat di ruang lobby Pengadilan Agama Pematangsiantar.

Aplikasi Basis Data Terpadu Kemiskinana merupakan aplikasi yang dapat membantu menyajikan data masyarakat miskin, sehingga pengadilan agama di seluruh wilayah Indonesia dapat mengakses database terkait status kemiskinan. Pendaftar perkara cukup membawa identitas kependudukan, sistem akan secara otomatis memverifikasi melalui nomor induk kependudukannya. Aplikasi ini akan mengeluarkan surat keterangan yang sudah tervalidasi dan dokumennya dapat dijadikan dasar untuk memberikan fasilitas pembebasan biaya perkara kepada masyarakat miskin berdasarkan basis data terpadu pemerintah sesuai PERMA Nomor 1 tahun 2014.

Tim IT PA Pematangsiantar

Kamis, 23 Januari 2020, sekitar pukul 15.00 WIB Ketua Pengadilan Agama Pematangsiantar, Dian Ingrasanti Lubis, S.Ag, S.H., M.H., bersama beberapa pegawai berangkat menuju Rumah salah satu pegawai Pengadilan Agama Pematangsiantar. Kunjungan ini bukan untuk menjenguk orang sakit tapi untuk melihat kehadiran anggota baru keluarga besar Pengadilan Agama Pematangsiantar.

Anggota baru tersebut adalah bayi perempuan mungil nan lucu dan sehat buah hati dari Eka Ariyandi, Jurusita Pengganti Pengadilan Agama Pematangsiantar yang lahir pada hari Selasa kemarin.

Dalam kunjungan ini Ketua Pengadilan Agama Pematangsiantar mewakili seluruh pegawai mengucapkan selamat kepada Bapak Eka yang telah dikaruniai anak lagi dan mendoakan semoga sang anak menjadi anak yang sholeha, sehat, pintar, dan menjadi orang sukses yang berguna bagi agama, nusa, dan bangsa.

Kemudian beliau menyerahkan uang sosial kepada Ibu Tiara, isteri dari Bapak Eka sebagai tanda kasih dan persaudaraan seluruh personil Pengadilan Agama Pematangsiantar. “Pemberian ini jangan dilihat besar nominalnya tapi lihatlah ketulusan hati yang memberikannya, dan semoga dapat memberikan manfaat bagi Ibu Tiara dan keluarga” ungkap beliau.

Tim IT PA Pematangsiantar

Berdasarkan surat dari Dirjen Badilag Nomor : 150/Dja.1/OT.00/I/2020 tanggal 20 Januari 2020 tentang Diskusi Pengembangan Aplikasi Gugatan Mandiri di Lingkungan Peradilan Agama maka Pengadilan Agama Pematangsiantar melaksanakan kegiatan nonton bersama siaran langsung/live streaming melalui media online youtube yang disiarkan langsung dari Badilag Command Centre, Gedung Badilag pada hari Rabu, tanggal 22 Januari 2020, pukul 09.00 WIB.

Hadir dalam acara ini Direktur Jenderal Badilag, Direktur Pembinaan Administrasi Peradilan, Direktur Pembinaan Teknis Peradilan, Pejabat Eselon III Badilag, KPTA Jakarta, Perwakilan dari Australia Indonesia Partnership for Justice 2 (AIPJ2), dan para tamu undangan dari lembaga, komisi, dan asosiasi.

Seluruh jajaran aparatur Pengadilan Agama Pematangsiantar ikut serta dalam kegiatan ini, tak terkecuali Ketua Pengadilan Agama Pematangsiantar, Dian Ingrasanti Lubis, S.Ag., S.H., M.H. bertempat di ruang lobby Pengadilan Agama Pematangsiantar.

Aplikasi gugatan mandiri ini merupakan suatu reform pemikiran yang selalu berinovasi mencoba bagaimana melayani para pencari keadilan dengan lebih baik. Bagaimana agar dapat memenuhi tuntutan masyarakat para pencari keadilan untuk mendapatkan keadilan melalui proses yang cepat, efektif, dan efisien

Tim IT PA Pematangsiantar

Senin, 20 Januari 2020 pukul 09.00 WIB, Pengadilan Agama Pematangsiantar kedatangan tiga orang mahasiswa dari STAI Panca Budi Perdagangan program studi Hukum Ekonomi Syariah/Muamalah pada pukul 09.00 WIB. Mereka datang didampingi oleh Dosen Pembimbing Ibu Dra. Hj. Elpiyanti Sahara Pakpahan, M.A. dan diterima dengan baik oleh Ketua Pengadilan Agama Pematangsiantar, Dian Ingrasanti Lubis, S.Ag., S.H., M.H., Wakil Ketua, M. Irfan, S.H.I., dan Sekretaris, Febrianda, S.Kom..

Kedatangan mereka dengan maksud untuk melaksanakan kegiatan praktek kerja lapangan (PKL) sesuai dengan surat dari Ketua Program Studi Nomor : 227/17/STAI-PB/XII/2019 tanggal 20 Desember 2019 mengenai Surat Permohonan Izin PKL. Kegiatan PKL ini akan dilaksanakan selama dua bulan mulai tanggal 20 Januari s/d 20 Maret 2020. Kegiatan PKL ini merupakan salah satu pelaksanaan program dari Perguruan Tinggi.

Tim IT-PA.Pst

Senin, 13 Januari 2020, Ketua Pengadilan Agama Pematangsiantar (Dian Ingrasanti Lubis, S.Ag., S.H., M.H.) didampingi Wakil Ketua (Muhammad Irfan, S.H.I.), Panitera (Herman, S.H.), dan Sekretaris (Febrianda, S.Kom.) berangkat menuju Kota Lubuk Pakam untuk menghadiri undangan pelantikan Sekretaris Pengadilan Agama Lubuk Pakam, bapak Suhaimi, S.E.

Acara ini juga dihadiri oleh tamu undangan dari beberapa pengadilan agama lain. Pukul 14.00 WIB acara dimulai dan dipimpin langsung oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Lubuk Pakam Drs. Muslim, S.H., M.A. selaku Plt Ketua.

Seluruh rangakaian acara berlangsung dengan khidmat dan lancar. Ketua Pengadilan Agama Pematangsiantar mewakili keluarga besar Pengadilan Agama Pematangsiantar mengucapkan selamat kepada bapak Suhaimi, S.E. yang telah dilantik menjadi Sekretaris Pengadilan Agama Lubuk Pakam yang baru. Semoga amanah ini dapat bapak laksanakan dengan baik, sukses, dan berkah.

Tim IT-PA.Pst

  • 001sel-ibrahim.jpg
  • 003sel-bt.jpg
  • Background-copy.jpg